Kunjungan DPRD Kabupaten Tapanuli Utara ke DKPP Provsu

admin
By admin Oktober 25, 2021 15:04

Kamis, (14/10/2021) Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Provinsi Sumatera Utara menerima Kunjungan Kerja dari Komisi B DPRD Kabupaten Tapanuli Utara (Taput)  dengan menerapkan protokol kesehatan. Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan DKPP Provsu Erik Dufant, SP, M.Si yang mewakili Kepala Dinas DKPP beserta dengan Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan drh. Sugeng Kalbar di Ruang Aula  DKPP yang berlangsung mulai pukul 14.00 Wib hingga 16.00 WIB .

Rombongan Komisi B DPRD Kabupaten Tapanuli Utara yang dipimpin oleh Mangoloi Pardede SE, mengharapkan dukungan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dalam pengembangan peternakan di daerah Kabupaten Tapanuli Utara. Dukung yang diharapkan berupa bantuan bibit temak antara lain ternak itik, kerbau, babi dan lainnya.

Mangoloi Pardede SE juga menyampaikan bahwa Populasi babi di Kabupaten  Taput terus menurun akibat wabah penyakit African Swine Fever (ASF), yang menyebabkan kerugian ekonomi dan penurunan produksi yang serius, padahal ternak babi sangat erat hubungannya dengan kebudayaan masyarakat Kabupaten Taput. Lebih lanjut Mangoloi menjelaskan dua tahun terakhir banyak masyarakat mengeluhkan tingginya harga daging babi yg mencapai 140-150rb/kg akibat kelangkaan ternak babi.

Menanggapi permohonan Komisi B DPRD Taput ini, DKPP menyampaikan kedepan akan mengadakan bantuan ternak babi khususnya ke Kabupaten yang memiliki keterkaitan budaya dengan ternak babi. Ini bisa terlaksana apabila regulasi dari Kementrian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menyatakan Provinsi Sumatera Utara sudah aman untuk pengembangan ternak babi dari wabah ASF.  Demikian penjelasan Erik Dufant, SP, M.Si mewakili Kepala Dinas DKPP Provinsi Sumatera Utara.

Komentar Facebook

admin
By admin Oktober 25, 2021 15:04