APA SAJA PENYAKIT YANG SERING MENYERANG ANJING DAN KUCING KESAYANGAN ANDA?

admin
By admin Juni 14, 2019 11:31

  1. Hewan Anjing
  • Canine Parvo Virus, disebabkan oleh virus, sangat menular dan berbahanya, angka kematiannya sangat tinggi. Gejala spesifiknya diare berdarah, sangat bau, terkadang diikuti dengan muntah. Gejala umum yang Nampak lainnya berupa nafsu makan hilang, nafsu minum masih ada sampai hilang dan demam.
  • Canine Distemper, disebabkan oleh virus, sangat menular dan berbaha, angka kematian cukup tinggi. Gejala yang spesifik yaitu mata dan hidung berair, batuk ataupun gejala syaraf. Gejala umum yang nampak nafsu makan hilang, nafsu minum masih ada sampai hilang dan demam. Umumnya anjing yang bertahan memiliki kerusakan syaraf.
  • Canine Hepatitis, disebabkan oleh virus, sangat menular, angka kematian cukup tinggi terutama pada anjing muda. Menyerang organ hati, gejala spesifiknya menyebabkan mata atau kulit berwarna kekuningan. Gejala umum lainnya nafsu makan hilang dan muntah.
  • Rabies atau anjing gila, sangat berbahaya, fatal dan menyebabkan kematian. Menular pada manusia melalui gigitan hewan yang terinfeksi.
  • Penyakit lain yang tak kalah penting yaitu Canine Corona Virus yang menyebabkan diare ringan, Canine Leptospirosis yang menyebabkan demam, kulit dan kelopak mata kekuningan serta nyeri otot, Kennel Cough yang menyebabkan tracheobronchitis.

 

Penyakit-penyakit diatas hanya bisa dicegah dengan cara vaksinasi. Karena pengobatan spesifiknya tidak ada.

 

  1. Hewan Kucing
  • Feline Upper Respiraory Tract Infection (calici, Herpes, Rhinotracheitis), disebabkan oleh virus, dengan gejala berupa gangguan saluran pernafasan atas, bersin, mata dan hidung berair, hilang nafsu makan. Pada kasus yang berat dapat minimbulkan kematian.
  • Feline Panleukopenia, disebabkan oleh virus, sangat mudah menular menyebabkan diare, muntah, dehidrasi hingga kematian.

 

Penyakit-penyakit diatas hanya bisa dicegah dengan cara vaksinasi. Karena pengobatan spesifiknya tidak ada.

Vaksinasi adalah proses menumbuhkan dan mengembangkan sistem pertahanan tubuh, dengan tujuan individu yang telah dilakukan vaksinasi terhindar dari terjangkitnya penyakit infeksi, hingga tidak timbulnya gejala sakit, atau untuk membatasi proses infeksi oleh agen infeksi patogen. Pada prakteknya program vaksinasi dilakukan untuk melindungi hewan terhadap penyakit yang khusus disebabkan oleh mikroorganisme, seperti: bakteri dan virus

 

Jadwal Vaksinasi:

 

Anjing

Umur (minggu) Jenis Vaksin
6 Canine Parvovirus

Canine Distemper

Canine Hepatitis

12 Canine Parvovirus

Canine Distemper

Canine Hepatitis

(Booster) Plus Canine Leptosirosis, Canine Corona Virus, Rabies

Ulang setiap tahun Lengkap
Kucing 8 Feline Panleukopenia

Feline Upper Respiraory Tract Infection

14 Feline Panleukopenia

Feline Upper Respiraory Tract Infection (Booster) Plus Clamydia, Infectious Peritonitis, Rabies

Ulang setiap tahun Lengkap

 

 

  1. Penyakit yang tak kalah penting adalah penyakit lain yang disebabkan oleh protozoa, cacing, jamur, tungau, kutu, dan caplak, serta penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan penyakit metabolisme lainnya.

 

Untuk itu konsultasi dan periksakan kesehatan anjiing dan kucing kesayangan anda secara rutin ke Dokter Hewan terdekat atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) Klinik Hewan DInas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara Jl. Jend. Gatot Subroto KM. 7 No. 255 persis di seberang KODAM. Pelayanan setiap hari Pukul 07.30-16.00 WIB (jam kerja dinas).

Komentar Facebook

admin
By admin Juni 14, 2019 11:31