Panen Kegiatan OPAL

admin
By admin Januari 29, 2021 11:03

Medan, 27/01/2021. Panen Hasil Kegiatan  Obor Pangan Lestari atau lebih dikenal dengan  OPAL dihadiri oleh Kepala Dinas M. Azhar Harahap, SP, M.MA dan Eselon III lingkup Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara di lahan lingkungan kantor.

Kegiatan  OPAL merupakan pengembangan dari Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)  yaitu pemanfaaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga.

Dalam rangka memotivasi dan memberi contoh kepada masyarakat setiap Organisasi Perangakat Daerah (OPD) yang membidangi pertanian dianjurkan  untuk mendukung percepatan penganekaragaman konsumsi pangan masyarakat melalui optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan.

Kementerian Pertanian melalui  Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara telah  melaksanakan kegiatan OPAL sejak 2019 sebagai sarana percontohan untuk masyarakat dalam pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga di sekitar lahan lingkungan perkantoran.

Dengan adanya anjuran pemanfaatan pekarangan sangatlah tepat untuk memenuhi pangan dan gizi keluarga, mengingat selama ini pekarangan belum dimanfaatkan secara optimal. Padahal jika percontohan ini dapat diterapkan di pekarangan kawasan perumahan sangat memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai penghasil pangan, dalam memperbaiki gizi keluarga sekaligus meningkatkan pendapatan keluarga. Manfaatnya sangat besar, terutama bagi masyarakat golongan ekonomi lemah.

Komentar Facebook

admin
By admin Januari 29, 2021 11:03