Kredit Usaha Rakyat (KUR) Sub Sektor Peternakan Tahun 2020 Harapan Baru Peternak

admin
By admin Maret 23, 2020 12:09

Ada kabar gembira buat peternak di tahun 2020, pemerintah telah memfasilitasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 6%. Yang menggembirakan lagi, kita dapat bayar cicilan atau langsung lunas setelah panen (Yarnen). Program KUR ini dipublikasikan bersamaan dengan di dilaunchingnya program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) oleh Menteri Pertanian pada tanggal 20 Februari 2020 pada Acara Panen Pedet, di Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

SIKOMANDAN merupakan bagian dari upaya Kementerian Pertanian dalam mengakselerasi pertumbuhan populasi dan peningkatan produksi ternak sapi dan kerbau dalam negeri.

Sesuai Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat dan hasil Rapat Teknis di Kementerian Pertanian yang menetapkan target realisasi KUR Sub Sektor Peternakan Sumut, Sekda Pemerintah Provinsi Sumatera Utara Dr. Ir. Hj. R. Sabrina, M.Si menyampaikan Sumatera Utara menargetkan KUR Sub Sektor Peternakan  tahun 2020 sebesar Rp 187,3 Miliar.

Diperlukan sosialisasi yang terus-menerus dan berkelanjutan agar Program ini sampai ke masyarakat. Menurut ibu Sekda, Provinsi Sumatera Utara defisit 6.140 ton daging sapi per tahun, penyaluran KUR ini diharapkan mendorong  produksi hasil ternak khususnya ternak sapi yang masih belum swasembada.

Kredit Usaha Rakyat adalah kredit/pembiayaan modal kerja dan/atau investasi kepada debitur individu/perorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan belum cukup.  Untuk itu Pemerintah menawarkan Program KUR untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha yang bermuara kepada kesejahteraan peternak.

KUR Khusus Peternakan Rakyat merupakan perluasan jenis KUR yang dimaksudkan untuk menggerakkan sektor ekonomi tradisional di pedesaan yang dikelola oleh rakyat dan kredit ini bisa digunakan, baik untuk penggemukan, perah, maupun pembiakan ternak

Dengan diluncurkannya KUR Khusus Peternakan Rakyat diharapkan dapat membuka peluang bagi para peternak untuk mengakses permodalan dalam rangka mengembangkan usahanya. Tak hanya itu, bantuan ini juga bisa mendorong terbentuknya klaster-klaster usaha peternakan yang akan mendukung terwujudnya ketahanan dan kedaulatan pangan nasional.

Untuk KUR mikro tahun lalu plafonnya 25 juta rupiah, tahun ini bertambah menjadi 50 juta rupiah. Nahh untuk yang berkelompok ada kesempatan bagi anggota yang baru yang akan memulai usahanya, tentu saja pinjamnya harus bersama-sama anggota lain yang telah minimal 6 bulan mempunyai usaha yang sama.

Lebih bagus lagi kalau punya penjamin pasar untuk hasil usaha ternaknya, karena kemungkinan akan dapat memanfaatkan KUR yang lebih tinggi dan Bank akan lebih yakin dalam memberikan pinjamannya.

Sebagai informasi tambahan, jika ada Bank atau penyalur KUR lain yang tidak mau memfasilitasi dengan Yarnen atau lainnya, pastikan petugas Bank untuk membaca Permenko Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman KUR yaa..

Mekanisme penyaluran :

  1. Peternak perorangan/individu/kelompok usaha mengajukan permohonan kredit/pembiayaan KUR kepada Bank Penyalur, dapat bersama dengan Dinas;

Bank melakukan pemeriksaan terhadap persyaratan administratif dan kelayakan usaha,

dan persyaratan perbankan serta melaksanakan proses input kedalam SIKP;

  1. Bank dan peternak calon debitur melaksanakan akad kredit dan menyalurkan kredit/pembiayaan kepada peternak individu/perorangan;
  2. Peternak debitur KUR melaksanakan usaha dan membayar cicilan/angsuran sesuai dengan akad kredit.

Inilah 8 Bank Penyalur KUR di Tahun 2020 :

  1. Bank BRI
  2. Bank Mandiri
  3. BNI (Bank Negara Indonesia)
  4. BTPN (Bank Tabungan Pensiun Nasional)
  5. BCA (Bank Centeral Asia)
  6. BTN (Bank Tabungan Negara)
  7. Bank Bukopin
  8. Bank Sinarmas

Dan dengan KUR, para petani mendapatkan akses pembiayaan yang mudah dan murah yang ujungnya berdampak positif terhadap perekonomian daerah setempat

Informasi lebih lanjut terkait pelaksanaan KUR

Untuk berkomunikasi dengan Penyalur KUR

 

Ayo segera usulkan dan manfaatkan peluang untuk meningkatkan skala usaha dengan meraih hasil yang lebih baik ……

Bantuan ternak sapi 1 juta ekor

Ditempat yang sama menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) menyampaikan rencana bantuan sapi indukan satu juta ekor sapi untuk mendukung program SIKOMANDAN tahun 2020, Provinsi Sumatera Utara dapat alokasi 70.000 ekor.

Komentar Facebook

admin
By admin Maret 23, 2020 12:09