Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Penyusunan Renja Tahun 2021 Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara.

admin
By admin Maret 23, 2020 14:30

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara menggelar  Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bertempat di Hotel Sibayak Internasional Berastagi Kabupaten Karo, yang berlangsung selama tiga hari  dimulai Tanggal 2 – 4 Maret 2020. Forum ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara M. Azhar Harahap, SP, M.MA yang dihadiri Bappeda Provinsi Sumatera Utara, perwakilan OPD terkait, Bapeda Kabupaten/Kota serta Komisi B DPRD Provinsi Sumatera Utara.

Forum Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Ketahanan Pangan Dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020 Merupakan Wadah Penampungan Dan Penjaringan Aspirasi Untuk Penyempurnaan Rancangan Kebijakan Penyusunan Renja OPD.  Hal Ini Menunjukkan Dalam Pendekatan Perencanaan Menggunakan Sistem Perencaan Bawah – Atas (Bottom – Up Planning) Berdasarkan Azas Demokratisasi Dan Desentralisasi.

Dalam sambutannya M. Azhar Harahap, SP, M.MA mengatakan, forum perangkat daerah penyusunan Renja Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021 Ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian proses perencanaan pembangunan provinsi lingkup ketahanan pangan dan peternakan Provinsi Sumatera Utara.

” Dalam kerangka pencapaian prioritas pembangunan nasional, maka prioritas pembangunan daerah di semua tingkatan harus diselaraskan dengan prioritas pembangunan nasional tersebut sesuai dengan kewenangan. Selanjutnya prioritas pembangunan daerah provinsi sumatera utara pada tahun 2021 akan menjadi acuan dalam menyusun renja OPD Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara. ” lanjut  Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara.

Tujuan forum organisasi perangkat daerah tahun 2020 adalah:

  1. Menyelaraskan program dan kegiatan OPD provinsi dengan usulan program dan kegiatan usulan Kab/ Kota Tahun 20
  2. Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan SKPD provinsi sesuai dengan tugas dan fungsi OPD Tahun 2021.
  3. Menyelaraskan program dan kegiatan antar OPD provinsi dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan proiritas pembangunan daerah Tahun 20
  4. Menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing OPD Provinsi Tahun 20

Salah satu narasumber, Bapak Viktor Silaen SE, MM yang merupakan Ketua Komisi B DPRD Provsu menyampaikan Peternakan berperan sebagai penghasil pangan dan      sebagai alternatif lapangan usaha yang cukup membantu masyarakat Sumatera Utara dan dapat diintegarasikan dengan perkebunan sebagai sumber pakan ternak untuk itu beliau berpesan agar Pemprov sumatera Utara dapat memfasilitasi  kemitraan antara perusahaan berbadan hukum dengan kelompok tani  atau koperasi. Untuk kemajuan Sumatera yang menyentuh para petani dan peternak, ada beberapa progaram yang di ajukan komisi B DPRD Provsu yang perlu dilakukan dalam pengembangan Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, yaitu:

  1. Program Pengembangan Agribisnis;
  2. Program Peningkatan Ketahanan Pangan;
  3. Program Peningkatan Kesejahteraan Petani.

Pertemuan  ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian/tahapan penyusunan Rencana Kerja Tahunan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 yang mengatur tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, evaluasi rancangan peraturan daerah terkait Rencana Pembanguan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), serta tata cara perubahannya.

Selaras dengan rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020, Visi RPJMD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018-2023 yaitu “Sumatera Utara Yang Maju, Aman dan Bermartabat”, dan lima misi yaitu: Mewujudkan Masyarakat Sumatera Utara yang Bermartabat dalam Kehidupan; Bermartabat dalam Politik; Bermartabat dalam Pendidikan; Bermartabat dalam Pergaulan dan Bermartabat dalam Lingkungan, dengan Sasaran Utama “Membangun Desa Menata Kota”.

Tema RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021 yaitu: “Pembangunan Sumber Daya Manusia Unggul, Peningkatan Infrastruktur Dan Pengembangan Wilayah Dalam Mendorong Daya Saing Ekonomi”.

Sekaitan hal tersebut Dinas Kab/Kota bersama Bappeda Kabupaten/Kota melakukan penyusunan rencana kegiatan yang berkaitan dengan pangan dan peternakan  di wilayahnya masing-masing untuk mendukung Visi dan Misi tersebut.

Acara juga diisi dengan pemaparan Rencana Aksi Tahun 2021 dari masing – masing bidang dan UPT lingkup Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara sebagai acuan usulan kegiatan bagi Kabupaten/Kota. Semua peserta Forum sangat berpartisipasi dan banyak memberikan masukan, saran serta usulan kegiatan dalam rangka penajaman sasaran program dan kegiatan prioritas yang akan dituangkan dalam Rancangan RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021.

Dukungan dan partisipasi aktif dari semua peserta yang hadir untuk menyelaraskan program dan kegiatan OPD lingkup ketahanan pangan dan peternakan Provinsi Sumatera Utara yang akan dituangkan dalam RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021. dengan demikian diharapkan di akhir masa RPJMD nanti dapat tercapai kondisi masyarakat yang lebih maju dan sejahtera, sesuai harapan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara.

Terobosan Untuk Mencapai Visi Dan Misi Gubernur Dan Wakil Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018 – 2023

Untuk mendukung visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan membuat 9 terobosan :

  1. Penyusunan Regulasi Dan Revitaliasai Data Peternakan;
  2. Peningkatan Mutu Genetik Sapi, Kerbau, Dan Domba;
  3. Pola Kemitraan Dengan Perusahaan Berbadan Hukum;
  4. Pengembangan Integrasi Ternak;
  5. Pengembangan Pakan Ternak;
  6. Pencegahan / Penanggulangan Penyakit Hewan;
  7. Pengembangan Desa Ternak;
  8. Pemantauan Ketersediaan Dan Distribusi Pangan dan,
  9. Penganekaragaman Konsumsi Pangan Dan Pengawasan Keamanan Pangan Segar.

Komentar Facebook

admin
By admin Maret 23, 2020 14:30